Read
the text and answer question 1.
1.
Kemampuan yang diuji : Menentukan
makna “CAUTION”
Indikator Soal :
Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan makna tersirat yang
ada pada teks tersebut.
Soal :
What
does the above caution mean?
A.
Children are playing games around the
place.
B.
Children are not allowed to play around
the area.
C.
It is the place for children to play.
D.
Be careful because children usually
play.
Kunci
jawaban: D
Pembahasan:
Caution
di atas dimaksudkan untuk memberi peringatan kepada orang agar berhat-hati
karena ada anak-anak yang sedang bermain. Hal ini diketahui dari kata “live”
dan “playing”
Observe the opicture to answer
question number 2
2.
Kemampuan
yang diuji : Informasi rinci
tersurat dari “CAUTION”
Indikator
Soal :
Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada teks
tersebut.
Soal :
The notice means that….
A.
the parking lot is only meant for
visitors
B.
only people having permission can park
their car at the parking lot
C.
the visitors are permitted to leave
their vehicle at the parking lot
D.
people must take the parking tickets
before entering the parking lot
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Jawaban
yang tepat adalah B, karena hanya orang yang telah mendapatkan ijin yang boleh
parkir di tempat parkir.Kata kunci “Permit only”
Read this text and answer questions 3
and 4 .
3.
Kemampuan yang diuji :
Menentukan makna kata.
Indikator : Disajikan satu
GREETING CARD, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks tersebut.
Soal
:
The word “wish” in the text
nearly means ….
A. see
B. look
C. hope
D. want
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Kata wishes
(wish) yang terdapat pada kalimat This card comes with living wishes …
Yang paling
tepat adalah “hope”.
4 Kemampuan
yang diuji : Menentukan Tujuan
Text
Indikator :
Disajikan satu teks fungsional pendek berbentuk GREETING CARD, siswa dapat menentukan tujuan text tsb
Soal:
The purpose of
the text above is….
A. to
remind someone about New Year
B. to
greet someone for the New Year
C. to inform
everyone about New Year
D. to invite
someone to a New Year Celebration
Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Tujuan dari teks tersebut adalah
mengucapkan selamat tahun baru; kata kunci’’ Happy New Year 2010’’
Read the text below and answer question 5
and 6.
5.
Kemampuan yang diuji : Menemukan Informasi Rinci
Indikator : Disajikan
satu teks fungsional pendek berbentuk MESSAGE, siswa dapat menentukan informasi rinci dari text
tersebut
Soal :
The
scout meeting is postphoned because of Mr Brown’s….
A.
absence
B.
meeting
C.
coming
D.
information
Kunci Jawaban : A
Pembahasan
:
Scout
meeting ditunda karena ketidakhadiran Mr Brown. Kata kunci’’… until Mr Brown is
back from Egypt ”.
6.
Kemampuan yang diuji : Menemukan
rujukan kata
Indikator :
Disajikan satu kalimat yang memuat rujukan kata tertentu, siswa dapat, menentukan rujukan kata tersebut
Soal:
‘’Please let others
know…”
The word others refers to …
A. Dona
and Riri
B. Riry
and Mr Brown
C. Mr.
Brown and Dona
D. scout
members
Kunci
Jawaban : D
Pembahsan
:
Kata
others dimaksudkan untuk anggota pramuka yang lain selain Dona, rapat
itu untuk anggota pramuki.
Read this text and answer questions 7
and 8.
7.
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
rinci.
Indikator : Disajikan
sebuah Greeting Card, siswa dapat menentukan informasi rinci dari “INVITATION
CARD” tersebut
Soal :
The
party will be held …
A. in the
morning
B. in the
evening
C. in the
afternoon
D. at
night
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan:
Kelly Madison’birthday party akan
dilaksanakan pada siang hari, kata kunci: “Saturday, June 22nd at 12.30
p.m”.
8.
Kemampuan yang diuji :
Menentukan tujuan Text
Indikator : Disajikan
satu INVITATION CARD, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut
Soal:
The purpose of the text above is
….
A.
to forbid someone to come to Kelly
Madison’s birthday party
B.
to invite someone to attend Kelly Madison’s birthday party
C.
to inform everyone about a birthday
party
D.
to remind someone to celebrate a birthday
Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Tujuan dari
teks tersebut adalah inviting people untuk merayakan ulang tahun Kelly Madison.
Kata kuncinya adalah “you’re invited to”
Read the following text to answer
questions 9 and 10.
9.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi tersirat
·
Indikator : Disajikan sebuah
teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan infomasi tersirat dari teks tersebut
·
Soal:
Who is in charge of the program?
A. The students.
B. The teacher.
C. Mrs.
Erika.
D. Board
of Students Association.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan:
Semua jawaban yang terdapat pada option
di atas salah kecuali jawaban C. Hal ini terdapat pada kalimat terakhir dari
announcement tersebut.
10.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
·
Indikator : Disajikan sebuah teks
ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan gambaran
umum dari teks tersebut.
·
Soal :
The text
is about ….
A. Programs
to celebrate the National Education Day
B. explaining
special programs in January
C. inviting
students to come to school in January
D.
informing some programs on Jan 4th,
2010
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Tujuan
dari teks di atas adalah menginformasikan program yang akan dilaksanakan dalam
rangka memperingati hari Pendidikan Nasional
Read
the following announcement and answer questions 11 to 12.
11.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi tersirat
·
Indikator :
Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat menentukan informasi tersirat
dari text tersebut.
·
Soal :
When will the meeting start?
A.
Around 4.05 p.m.
B.
At about 4.15 p.m
C.
At 4.50 p.m
D.
At 5.00 p.m
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
:
Jawaban B, karena“The meeting is expected to last around 45 minutes and finish by 5”
12.
·
Kemampuan yang
diuji : Menemukan informasi rinci
tersurat
·
Indikator : Disajikan sebuah teks ANNOUNCEMENT, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
·
Soal :
What should a student do if she is
not able to attend the meeting?
A.
Go home.
B.
Go to the library.
C.
Ask for permission from Mr. Elder.
D.
Let the class teacher know about her
absence.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan :
Kalimat yang menyatakan bahwa yang tidak bisa
ikut meeting harap menghubungi Mr. Elder adalah “Should anyone be unable to attend the meeting, find Mr. Elder for
permission…”
Read the following text to answer
questions 13 to 16.
13.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
Indikator : Disajikan
satu teks deskriptif, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks REPORT tersebut.
·
Soal :
What is the text about?
A.
Describing bees in general.
B.
Explaining bees in Antarctica .
C.
Telling the habitat of the bees.
D. Giving
information about bees in the Northern Hemisphere.
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
:
Jawaban paling tepat adalah A. Hal ini
dilihat dari deskripsi Bees are flying insects … yang tidak mendeskripsikan
bees secara khusus.
14.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan pikiran Utama
Indikator : Disajikan satu
teks REPORT, siswa dapat menentukan pikiran utama dari paragraf yang ditentukan
·
Soal :
What is the main idea of paragraph one?
A. Bees
live on every continent.
B.
Bees belong to flying insects.
C. Bees
produce honey and beeswax.
D. Bees
only live with insect-flowering plants.
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan:
Kesimpulan
dari paragaf 1 adalah menjelaskan tentang bees dan termasuk ke dalam flying
insects.
15.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator : Disajikan satu teks DESKRIPTIF, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersurat yang ada pada text tersebut.
·
Soal :
Which of the following sentences describes
the physical appearance bees?
A. None has
wings.
B. It has
13 antennae.
C. Its length
is 39 mm.
D. Its tongue
is complex.
·
Kunci
Jawaban: D
·
Pembahasan:
Jawaban paling tepat adalah D. Hal ini
diambil dari kalimat pertama pada paragraph ke 2 yang menyatakan Bees have a
long proboscis (a
complex "tongue") that …
16.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan rujukan Kata
Indikator :
Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks DESKRIPTIF yang disediakan,
siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu dalam kalimat tersebut.
·
Soal :
The word “they” refers to … .
A. ants
B. bees
C. insects
D. flying
insects
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
:
Kata they merujuk kata
bees yang terdapat pada kalimat sebelumnya yatu there yang meryjuk pada kata
bees.
Read
the following text and answer questions 17 to 20.
17.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan
satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut
·
Soal :
Where
did the writer and his family set up their tent?
A.
Near the river.
B.
Near the big tree.
C.
At the back of the river.
D.
Far away from other campers.
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
Jawaban diambil dari kalimat “Finally we found a
good place little bit further. It was near the big tree”
18.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat
menentukan tujuan teks tersebut
·
Soal :
What
is the purpose of the text above?
A.
To describe a camping site.
B.
To give instruction how to set up the
tent.
C.
To retell the writer’s past camping
experience .
D.
To inform people the new camping site.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Tujuan
penulisan teks recount adalah untuk menceritakan pengalaman tentang kamping. Oleh
karena itu jawaban yang paling tepat adalah C.
19.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi
tersirat
·
Indikator :
Disajikan satu teks RECOUNT, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam
teks tersebut
·
Soal :
What is the writer and his father’s hobby?
A. Camping.
B. Cooking.
C. Fishing.
D. Playing
ball.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
:
Jawaban
ini diambil dari kalimat yang terdapat dalam text yaitu, “After setting up the
tent, I and my father went fishing”.
20.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna Kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks RECOUNT yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam kalimat tersebut.
·
Soal :
“…the river had been occupied by…”
The underlined word is similar in meaning to…
A.
inhabited
B.
authorized
C.
bought
D.
grabbed
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
:
Makna kata yang tepat untuk kata occupied
adalah inhibited (ditempati).
Read
the following text and answer questions 21 to 24.
MAKING CANDLES
Making
coloured and scented candles is really quick and simple. What's more, you'll
save so much money. If making candles is easy,
why do you ever buy one from a shop? What you need in making candles are wax,
moulds, wick, dye discs, essential oils, and a double
boiler. All these materials are available from craft shops. Or if you do
not want to buy them, you can improvise with an old saucepan, Pyrex jug, or
even a sturdy can, in a pot of water. After providing the materials, follow
this procedure or
instruction in
making candles!
First of all, melt the wax. All wax has a flash point, so to prevent it from bursting into flames; you must melt it in a double boiler, with water at the bottom of the pan.
Then,
prepare the mould with the wick. Thread the wick through the
mould and make sure that you leave a good few centimeters sticking out of the
hole in the bottom.
After
that, add the scent. If you want a scented candle, add a
few drops of essential oil to the melted wax. You can use any essential oil
you like, as long as it doesn't contain water.
Next
step, pour the wax into the mould. Try and tip
the wax into the mould quickly, all in one go, to minimize spillage and air
bubbles.
Then,
release the bubbles and top it up. Releasing the
air bubbles will eventually make the candle sink, so you will need to top it
up with more melted wax.
Finally,
remove it from the mould. After four or five hours, the candle
can be taken out of its mould.
Your
candle is now ready for display. Remember, you must always leave it for a day
before lighting it.
Source: www.channel4.com/4homes/design-style/how-to-guides/how-to-make-candles-intro-09-04-21_p_1.html
|
21.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pikiran utama.
·
Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE, siswa
dapat menentukan pikiran utama dalam paragraf tertentu dalam teks tersebut.
·
Soal :
What does paragraph one tell us
about?
A. The
steps in making candles.
B. The
materials we need in making candles.
C. The
goal of the text in making candles.
D. The way
to make candles.
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan:
Paragraph
pertama menjelaskan bahan-bahan (materials) yang seharusnya
dipersiapkan
dalam membuat lilin.
22.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu teks PROCEDURE,
siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dalam teks tersebut.
·
Soal :
What should you do after melting the
wax?
A. Pour
the melting wax into the mould.
B. Remove
the melting wax from the mould.
C. Prepare
the mould with the wick.
D. Release
the bubbles and top it up.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan:
Pada step 1 tertulis melt the wick dan pada langkah berikutnya
(step 2) prepare the mould with the wick.
23.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi rinci
·
Indikator : Disajikan satu
teks PROCEDURE, siswa dapat menentukan informasi rinci yang terapat pada teks
yang sama
·
Soal
Where can you buy the materials for
making candles?
A. At
the handicraft shop.
B. At
the super market.
C. At
the stall.
D. At
the craft shop.
- Kunci
Jawaban : D
·
Pembahasan
Kalimat pendukung untuk menjawab
pertanyaan ini terdapat pada All these materials are available from craft
shops. Jadi jawaban yang paling tepat adalah D
24.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna Kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks PROCEDURE yang disediakan, siswa dapat
menentukan makna kata tertentu dalam teks yang sama
·
Soal :
“…, so to
prevent it from bursting into flames you …”
The word “bursting” means …
A. exploding
B.
melting
C.
satisfying
D. becoming
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan:
Makna kata (synonym) yang paling tepat
untuk kata bursting yaitu exploding
Read the following text and answer
questions 25 to 28.
THE
SMARTEST PARROT
Once
upon time, a man had a wonderful parrot. There was no other parrot like it.
The parrot could say every word, except one word. The parrot would not say
the name of the place where it was born. The name of the place was Catano.
The
man felt excited having the smartest parrot but he could not understand why
the parrot would not say Catano. The man tried to teach the bird to say
Catano, however the bird did not say the word.
At
first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You
stupid bird!” pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say
Catano! Or I will kill you” the man said angrily. Although he tried hard to
teach, the parrot would not say it. Then the man got so angry and shouted to
the bird over and over; “Say Catano or I’ll kill you”. The bird kept silent.
One
day, after trying so many times to make the bird say Catano, the man really got very angry. He could not bear it. He
picked the parrot and threw it into the chicken house. There were four old
chickens for next dinner “You are as stupid as the chickens. Just stay with
them” Said the man angrily. Then he continued to mumble; “You know I will cut
the chicken for my meal. Next it will be your turn, I will eat you too,
stupid parrot”. After that he left the chicken house.
The
next day, the man came back to the chicken house. He opened the door and was
very surprised. He could not believe what he saw at the chicken house. There
were three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was
standing proudly and screaming at the last old chicken; “Say Catano or I’ll
kill you”.
|
25.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi rinci
tersirat
·
Indikator : Disajikan satu
teks NARATIF, siswa dapat menentukan informasi rinci tersirat dari teks tersebut.
·
Soal :
Why did the man feel
so angry with the parrot?
A. It could say everything except Catano.
B. It couldn’t say anything.
C. It
was a parrot like others.
D. It
was a stupid parrot.
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan:
Jawaban diambil dari kalimat
At the first, the man was very nice to the bird
but then he got very angry. “You stupid
bird!”
pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano!
26.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu
teks naratif, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut.
·
Soal :
What is the purpose of the text
above?
A. To
describe a very cunning parrot.
B. To tell
us about a cruel man who owned a parrot.
C. To
entertain the readers by telling about the smartest parrot.
D. To
explain why the parrot owner was very angry.
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan:
Tujuan text narrative adalah untuk
menghibur (amuse/entertain the reader)
27.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pesan moral
·
Indikator : Disajikan satu
teks NARATIF, siswa dapat menentukan pesan moral dari teks tersebut.
·
Soal :
From
the text we learn that … .
A.
we have to respect others
B.
we have to imitate others
C.
we should not force others to do
something
D.
we must not hurt others’ feeling
·
Kunci
jawaban : C
·
Pembahasan:
Cerita di atas menggambarkan bahwa kita
tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, meskipun hanya seekor
binatang. Jadi jawaban yang paling tepat adalah C
28.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata.
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks NARATIF yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam kalinat tersebut
·
Soal :
“…
the parrot was standing proudly and screaming at the last old chicken …”
The word “proudly” nearly means …
A.
arrogantly
B. bravely
C. smugly
D. humbly
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
:
Arti kata yang paling tepat adalah
arrogantly.
Read
the following text and answer questions 29 to 34.
MILK
CALCIUM
Dietary
Supplement
600
mg 100 Soft gels
|
Supplement
Facts
Serving size :
1 soft gel
|
Amount per 1 soft gel % Daily Value*
Vitamin D 200 IU 50
Calcium (from milk) 600 mg 60
Zinc 15
mg *
|
*Daily value has not been established
|
Other ingredients: Gelatin, Glycerin, Purified
Water
|
Directions: As a dietary supplement, take one soft
gel for adults daily.
|
Manufactured for: EXP 04 27 10
NU-HEALTH PRODUCTS CO. LOT 2 75 61
Made in
|
29.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan gambaran umum
text LABEL
·
Indikator : Disajikan satu
teks LABEL, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
·
Soal :
The
label is telling us about … of a dietary supplement.
A.
the information
B.
the usage
C.
the materials
D. the benefits
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Jawaban
tersebut diambil dari isi keseluruhan label tersebut yang menginformasikan
bahan-bahan, petunjuk pemakaian, tanggal kadaluarsa, dsb.
30.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa
dapat menentukan informasi rinci dari teks tersebut.
·
Soal :
When
would it be best to consume the product?
A.
Before April 27th , 2010.
B.
After April 4th, 2010.
C.
During
April 4th, 2010.
D.
On April 4th, 2010.
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Sebagaimana tertera pada label diatas
bahwa date expired 04 27 10. Ini berarti tanggal
kadaluwarsa.
31.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi tersirat
·
Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
·
Soal :
How many soft gels does someone take
everyday?
A.
1 gel.
B.
15 mg.
C.
200 IU.
D.
600 mg.
·
Kunci
Jawaban :A
·
Pembahasan
Jawaban
betul adalah 1 gel setiap hari, yang lain merupakan ukuran ingredient yang
terkandung dalam supplement tsb.
32.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks LABEL yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam label tersebut
·
Soal :
“Daily
value has not been established.” (Line 10)
What is the meaning of the word
“established”?
A.
Ordered.
B.
Determined.
C.
Carried
D.
Helped
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
Kata
yang mempunyai arti terdekat dari kata established adalah determined.
Read the text below to answer
questions 33 to 37.
33.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text REPORT
·
Soal :
Where can we find cacti mostly?
A.
In the jungle.
B.
On the beach.
C.
On the mountain.
D.
In the arid and hot region.
·
Kunci
Jawaban : D
·
Pembahasan
34.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari text tersebut
·
Soal :
Why do cacti mostly bloom at night?
A.
Because their flowers are large.
C.
Since cacti are pollinated by nocturnal
insects.
D.
As the afternoon period is used for
photosynthetic process.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
… as they are pollinated by nocturnal insects or small animals … adalah kalimat
yang mendukung jawaban.
35.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan gambaran umum
·
Indikator : Disajikan satu
teks report, siswa dapat menentukan gambaran umum dari paragraph yang
ditentukan.
·
Soal :
What does the first paragraph tell us
about?
A.
The members of cacti.
B.
The habitat of cacti.
C.
The use of cacti
D.
Types of cacti.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan:
Paragraf
1 pada teks di atas dapat disimpulkan yaitu “the use of cacti”
36.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan Text
·
Indikator : Disajikan satu
teks REPORT, siswa dapat menentukan tujuan text tersebut.
·
Soal :
The
text is written to ….
A.
give information about American cacti
B.
explain physical features of cacti
C.
describe cacti in general
D. talk about the life of
cacti
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Teks
tersebut adalah text report yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum.
37.
·
Kemampuan yang
diuji :Menentukan makna kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari teks REPORT yang disediakan, siswa dapat menentukan
makna kata tertentu dalam teks tersebut
·
·
Soal :
“Cacti are unusual and distinctive
plants, which …”
The
synonym of the word “distinctive” is …
A.
typical
B.
antique
C.
unique
D.
different
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Kata lain
yang tepat dari kata distinctive adalah unique.
Read
the following text and answer questions 38 t0 40.
38.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum
·
Indikator : Disajikan satu advertisement, siswa
dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.
·
Soal :
What is advertised?
A.
A white buffalo.
B.
A strange place.
C.
A museum.
D.
A miracle.
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan
Seperti
yang tertera pada advertisement di atas gambar yang di iklankan kan adalah kerbau putih,
maka jawaban yang paling tepat adalah white buffalo.
39.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan Informasi rinci
tersurat
·
Indikator : Disajikan satu ADVERTISEMENT, siswa
dapat menentukan informasi tersurat dari teks tersebut
·
Soal :
Why is the buffalo
called a miracle?
A.
The museum opens on work days only.
B.
Ripley’s Believe It or Not is a name of
a museum.
C.
White buffaloes are rarely found.
D.
The museum collections are on TV
programs too.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Pada
informasi di atas tertulis ” …are over 10 millions to one…” berarti sangat
jarang; dalam 10 juta satu.
40.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan tujuan text
·
Indikator : Disajikan
satu advertisement, siswa dapat menentukan tujuan teks dari teks tersebut
·
Soal :
What
is the purpose of the advertisement above?
A. To
describe the white buffalo.
B.
To invite people to see the white
buffalo.
C.
To show the reader about the castle of the
white buffalo.
D.
To tell people the breeding of the white
buffalo.
·
Kunci
jawaban : B
·
Pembahasan
Tujuan dari suatu iklan adalah mempropagandakan
kepada publik mengenai sesuatu.
41.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata
·
Indikator : Disajikan satu
kalimat yang dicuplik dari advertisement, siswa dapat menentukan makna kata tertentu
dari kalimat tersebut
·
Soal :
“ …
the pure white buffalo, odds of such birth …”
The meaning of the word “pure” is …
A. clear
B. almost
C. total
D. holly
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Kata yang paling mendekati dari arti kata
pure adalah total.
Read the letter below to answer
questions 42 to 46.
42.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum.
·
Indikator : Disajikan satu teks berbentuk
LETTER, siswa dapat menentukan gambaran umum teks tersebut
·
Soal :
What is the letter about?
A.
Sam’s holiday.
B.
The Gold Coast.
C.
The Movie World.
D.
The Shower of Rain.
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Surat di atas dapat disimpulkan
bahwa surat tersebut tentang Liburan Sam
43.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan pikiran utama.
·
Indikator : Disajikan satu surat , siswa dapat menentukan pikiran utama
dari teks tersebut.
·
Soal :
What is the main
idea of paragraph 3?
A.
The weather in Gold Coast.
B.
Police Academy Show.
C.
Sam’s activities in the Movie
World.
D.
A great holiday in the Movie
World.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Kesimpulan
dari paragraph 3 pada surat
di atas adalah kegiatan yang dilakukan Sam di Movie World.
44.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan Informasi rinci
tersurat.
·
Indikator : Disajikan satu
surat, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut.
·
Soal :
Where did Sam spend his holiday with
his family?
A.
On the Gold Coast.
B.
In the Movie World.
C.
In Lethal Weapon.
D.
At the Police Academy .
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Jawaban
ini diambil dari kalimat We
are having a great a holiday here on the Gold Coast
45.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan informasi tersirat.
·
Indikator : Disajikan
satu surat, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut.
·
Soal :
What
did they get at one o’clock?
A.
Lunch.
B.
Shower.
C.
A little rain.
D.
Batman ride.
·
Kunci
Jawaban : C
·
Pembahasan
Kunci
jawaban yang tepat adalah C, karena tiba tiba ada hujan rintik-rintik.
46.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan Rujukan
kata.
·
Indikator : Disajikan satu surat , siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu
dari teks tersebut.
·
Soal :
The word ‘we’ in the text refers to…
A.
Sam and Nan
B.
Sam and Mum
C.
Mum and Kelly
D.
Sam, Mum, and Kelly
·
Kunci
Jawaban : D
·
Pembahasan
Kata
we pada surat
di atas merujuk pada Sam, Mum and Kelly.
47.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna
kata.
·
Indikator :
Disajikan satu surat, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam surat
tersebut.
·
Soal :
The
word queued in paragraph 3
means ……
A.
went on
B.
lined up
C.
sat down
D.
waited for
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
Makna kata yang tepat
untuk kata queued adalah lined up (antri).
For
questions 48 to 51, choose the best words to complete the text.
PLATYPUS
Many
people call platypus duckbill because this animal has a bill like duckbill.
Platypus …(48) a native
Platypus … (49) a flat tail and webbed feet. Its body length is 30 to 45 cm and covered with a thick and woolly layer of fur. Its bill is detecting prey and stirring up mud. Platypus' eyes and head are small. It has no ears but has ability to sense sound and light. Platypus … (50) in streams, rivers, and lakes. Female platypus usually dig burrows in the streams or river banks. The burrows are blocked with soil to …(51) it from intruders and flooding. In the other hand, male platypus does not need any burrow to stay. |
48.
·
Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu teks deskriptif
dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang tersebut
·
Soal :
A. is
B. are
C. was
D. were
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Platypus
adalah kata benda bentuk tunggal dan dalam bentuk present. Diketahui
dari kalimat sebelumnya.
49.
·
Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu teks deskriptif
dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang tersebut
·
Soal :
A. has
B. had
C. have
D. having
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Kalimat dalam bentuk the simple present
tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat adalah has.
50.
·
Kemampuan yang diuji : Melengkapi teks rumpang.
·
Indikator : Disajikan satu teks deskriptif
dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapi
teks rumpang tersebut
·
Soal :
A. live
B. lives
C. lived
D. living
·
Kunci
Jawaban : B
·
Pembahasan
Kalimat
dalam bentuk the simple present tense dan untuk subject platypus, kata kerja
yang tepat
adalah lives
51.
· Kemampuan
yang diuji : Melengkapi teks
rumpang.
· Indikator : Disajikan
satu teks deskriptif dengan 4 rumpang, siswa dapat menentukan
kata kerja yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut
· Soal
:
A. protecting
B. protected
C. protects
D. protect
·
Kunci
Jawaban : D
·
Pembahasan
Kata kerja
yang tepat setelah to adalah kata kerja dasar. Maka kata kerja
yang tepat adalah protect.
For
questions 52 to 54, choose the word closest in meaning to the underlined words.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan makna kata.
·
Indikator :
Disajikan satu teks report dengan 3 kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan makna kata
tersebut.
·
Soal :
52. A. plays
B. shows
C. stages
D. exhibitions
53. A. beat
B. switch
C. pull
D. crack
54.
A. soft
B. audible
C. echoing
D. smooth
·
Kunci
Jawaban : 52. B, 53. A, 54. C.
·
Pembahasan
Jawaban-jawaban
dari nomor 52-54 adalah kata kata” closest in meaning” dari kata-kata yang digaris bawahi yang
ada pada teks di atas.
55.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator : Disajikan
sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat
yang padu.
·
Soal :
Arrange the
following jumbled words to make a good sentence.
her class – in – diligent
– Jessica – very – is – student – a
1 2 3 4 5 6
7 8
A. 4 – 6
– 8 – 5 – 3 – 7 – 2 – 1
B. 4 – 2
– 1 – 6 – 8 – 5 – 3 – 7
C. 2 – 1
– 4 – 6 – 8 – 5 – 7 – 3
D. 2 – 1
– 8 – 5 – 3 – 7 – 6 – 4
·
Kunci
Jawaban : A
·
Pembahasan
Susunan kata yang tepat adalah Jessica is
a very diligent student in her class. Jadi jawaban yang tepat adalah A.
56.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator : Disajikan sekelompok kata acak, siswa dapat
menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu.
·
Soal :
Arrange the following jumble words
to make a good sentence.
a phone call – her – there
– for – was – the geography teacher – was teaching
– while
1 2 3 4 5 6 7 8
A.
8 – 6 – 7 – 3 – 5 – 1 – 4-- 2
B.
8 – 2 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 1
C.
6 – 7 – 2 – 8 – 3 – 5 – 1 – 4
D.
3 – 5 – 1 – 4 – 6 – 8 – 2 – 7
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di
atas adalah :”While the geography teacher was teaching, there was a phone call
for her”.
57.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan kata
menjadi kalimat yang padu.
·
Indikator :Disajikan
sekelompok kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi
kalimat yang padu.
·
Soal :
Arrange the following jumble words
to make a good sentence.
Not to use – with –
for water – be careful – the pump – except – other
liquid
1 2
3 4 5 6 7
A.
5 – 4 – 1 – 7 – 2 – 3 – 6
B.
4 – 1 – 5 – 2 – 7 – 6 – 3
C.
7 – 4 – 6 – 5 – 2 –1 – 3
D.
4 – 1 – 7 – 2 – 5 – 3 – 6
·
Kunci
jawaban : B
·
Pembahasan
Kalimat yang tepat untuk susunan kata di
atas adalah :”Be careful not to use the pump with other liquid except for water.”
58.
·
Kemampuan yang
diuji : Menentukan susunan
kalimat menjadi paragraf yang padu.
·
Indikator :
Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi
paragraf yang padu.
·
Soal :
Arrange
the following sentences to make a good paragraph .
1. Jack
had an accident a few days ago.
2. Jill
went to the hospital too visit him.
3. He is
still in the hospital now.
4. She
is at the hospital now.
5. He
had to go to hospital.
A. 1-4-3-5-2
B. 1-3-5-4-2
C. 1-2-3-4-5
D. 1-5-3-2-4
·
Kunci
jawaban : D
·
Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan
kalimat menjadi sebuah paragraph adalah D. Jack kecelakaan, dia harus ke RS,
dia masih di RS, Jill ke RS
mengunjunginya dan sekarang masih di RS
59.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kalimat menjadi
paragraph yang padu.
·
Indikator : Disajikan sekelompok kalimat acak, siswa dapat
menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf yang padu.
·
Soal :
Arrange the
following sentences to make a good paragraph.
1 Some of Lavisher’s other ideas were important
too
2 He
learned some very important facts about chemistry.
3 These
are the same names we use today.
4 He
also worked on a way to improve France 's
banks and government.
5 He
used science to improve farming.
6 And
he gave names to many chemicals
7 Lavisher
was a great man in many ways.
8 He
helped to make taxes and money the same all over France
A. 7-1-4-8-2-6-5-3
B. 7-2-6-3-1-5-4-8
C. 7-8-4-1-2-6-5-3
D. 7-5-6-3-1-4-8-2
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan
Urutan yang tepat
untuk penyusunan kalimat menjadi sebuah paragraph adalah A. hal ini diperkuat
dengan kalimat utama dari kelompok kalimat tersebut adalah no 7 diikuti oleh kalimat pendukung
lainnya yang paling dekat .
60.
·
Kemampuan yang diuji : Menentukan susunan kalimat menjadi
paragraph yang padu.
·
Indikator : Disajikan
sekelompok kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi
paragraf yang padu.
·
Soal :
Arrange
the following sentences to make a good paragraph
1. Nature’s
recycling programme for water is called the water cycle.
2. Rain
or snow eventually finds their way back to the ocean.
3. Water
falls from the air as rain or snow.
4. Water
goes from the ocean, lakes, and rivers into the air.
5. One
of the things nature recycles is water.
6. Did
you know that nature recycles too?
7. Maybe
you recycle cans, glass, and paper.
A.
7-6-5-4-3-2-1
B.
1-2-3-4-5-6-7
C.
5-6-3-4-7-1-2
D.
2-1-4-3-6-7-5
·
Kunci
jawaban : A
·
Pembahasan
Urutan yang tepat untuk penyusunan kalimat menjadi
sebuah paragraph adalah A, Kalimat yang paling umum adalah tentang recycles,
lanjut dengan Nature juga mendaur ulang, salah satunya Water Recycle, kalimat
kalimat yang lain merupakan penduklung, dicari yang paling dekat.
0 komentar:
Posting Komentar